Minggu, 13 Januari 2013

Pariwisata di Indramayu



Pariwisata Indramayu



Indramayu merupakan kawasan yang berada di utara Jawa Barat, Indonesia. Indramayu memiliki pantai yang terbentang sepanjang jalur Pantura, ini merupakan komoditas pariwasata bahari yang sangat besar, terlepas dari kondisi pantai yang terus menerus mengalami abrasi. Wisata sejarah, yang meliputi sejarah Indramayu sendiri maupun sejarah bangsa Indonesia. Hingga saat ini penggalian tentang sejarah Indramayu belum mengalami gaung yang signifikan. Wisata kuliner Indramayu pun harus mendapat perhatian yang lebih, karena potensi promosi gratis dari terkenalnya makanan khas Indramayu akan menarik minat dari pendatang untuk mengetahui lebih detail. Keelokan Budaya Indramayu hingga saat ini masih menjadi andalan melalui Tari topeng, Sintren, Tarling dan Batik Indramayu. Masih banyak lagi potensi pariwisata Indramayu lainnya yang mesti kita gali dan kembangkan, tugas kita adalah memperbaiki dan menjaga citra Indramayu.

Wisata Alam

Pantai Tirtamaya
pemandangan Balongan Indah disore hari
Pantai Tirtamaya adalah salah satu tempat rekreasi yang banyak dikunjungi oleh para wisata, selain sebagai pemandian laut yang aman, juga mempunyai panorama yang indah, terutama pada saat terbit dan terbenamnya matahari. Pantai Tirtamaya terletak dijalur Jalan Raya Indramayu – Cirebon, ± 16 Km dari kota Indramayu atau ± 38 Km dari kota Cirebon. Tak jauh dari Pantai Tirtamaya terdapat sebuah pantai yang tak kalah indahnya yaitu pantai Balongan Indah, jika sore hari tiba, kita dapat menyaksikan sunset (matahari terbenam) berganti menjadi kelap kelip lampu dari kawasan kilang minyak Balongan. Sungguh pemandangan yang patut kita lihat.

Pantai Eretan
Berfotoria di Pantai Eretan
Pantai Eretan merupakan salah satu tempat rekreasi yang tidak kalah banyaknya pengunjung dari berbagai daerah, pantai Eretan yang terletak di Kecamatan Kandanghaur ± 39 Km dari kota Indramayu, pantai Eretan juga sebagai Rest Area cocok untuk peristirahatan sejenak melepas lelah dari kepenatan perjalanan baik yang menuju ataupun yang pulang dari Jakarta. Disepanjang pantai telah ditumbuhi hutan mangrove yang rindang dan juga banyak berdiri Restoran dan Rumah Makan yang siap menyajikan aneka hidangan ikan laut segar.

Pulau Biawak
Pulau Biawak adalah obyek wisata bahari dengan taman laut dan ikan hias yang indah serta terumbu karang yang asri terdapat di pulau tersebut, pulau Biawak juga dilengkapi dengan pasir putih, tanaman Bakau dan Budidaya rumput laut serta menara Mercusuar yang di bangun oleh ZM. Willem pada tahun 1872 merupakan daya tarik tersendiri. Aktivitas rekreasi yang dapat dilakukan di pulau Biawak adalah Selam (Diving), Mancing, Snorkeling dan wisata petualangan. Pulau Biawak memiliki luas ± 120 Ha, terletak 40 Km sebelah utara Indramayu yang dapat dijangkau dengan perahu nelayan. Di sekitar kawasan ini bukan hanya Pulau Biawak saja tetapi ada Pulau-pulau lain yang ukurannya relatif lebih kecil, yaitu Pulau Candikian dan Pulau Gosong.
Diving menikmati coral yang indah di Pulau Biawak

Situ Bojongsari



Situ Bojongsari terletak di pusat Kota Indramayu dengan luas permukaan air ± 6 Ha. Tempat tersebut mempunyai daya tarik tersendiri seperti memancing, berkemah dan rekreasi air yaitu sepeda Air, Perahu Wisata serta Olahraga Dayung.Selain itu dikawasan ini terdapat Water Park atau waterboom yang lengkap dan besar sebagai penunjang wisata air di kawasan wisata Situs Bojongsari yaitu Water Park Bojongsari. Banyak wahana-wahana air yang sangat menarik di Water Park Bojongsari diantaranya ember tumpah, kolam arus, padle boat, bungee trampoline, ATV, dan kita dapat berkaraoke bersama keluarga.
Water Park Bojongsari

Situ Bolang
Sunset di Situ Bolang
Situ Bolang merupakan salah satu tempat wisata alternatif yang mempunyai daya tarik tersendiri, seperti memancing, area perkemahan dan rekreasi air. Tempat tersebut terletak di Desa Jatisura Kecamatan Cikedung ± 20 Km dari kota Indramayu, Situ Bolang juga memiliki nuansa pedesaan yang sangat kental dengan panorama pesawahan, ternak kambing, dan pohon Mangga yang tumbuh disekeliling Situ Bolang yang begitu menyajikan suasana nyaman. Jika beruntung dan cuaca sedang bagus kita dapat menyaksikan keindahan matahari terbenam disini. Jangan lupa bawa kamera pocket atau kamera handphone kalian untuk mengabadikannya, luar biasa sekali pemandangannya.

Koloni Kera Banjar

Koloni Kera Banjar merupakan tempat wisata yang banyak juga dikunjungi oleh para wisatawan karena daya tariknya yang unik berupa koloni kera sejak dahulu sampai sekarang jumlahnya 41 ekor Kera, yang terletak di Desa Bulak Kecamatan Jatibarang 17 Km dari Kota Indramayu.

Wisata Budaya Indramayu

Indramayu memiliki potensi wisata budaya yang lengkap, baik kesenian maupun budayanya yang beragam serta tradisi lama yang masih hidup dan berkembang dimasyarakat seperti Upacara adat. Berikut adalah daftar upacara adat yang adat di Indramayu.
  • Ngarot (upacara adat Desa Lelea untuk menyambut masa tanam padi)
  • Sedekah Bumi (selamatan untuk menyambut musim hujan)
  • Mapag Sri (menyambut panen padi)
  • Nadran (pesta nelayan)
  • Jaringan (ajang mencari jodoh di daerah Parean)
  • Ngunjung (keselamatan di makam, berkumpul bersama)
  • Baritan (upacara untuk keselamatan)
  • Ruwatan (upacara keselamatan kelahiran seseorang setelah dewasa)
  • Rasulan (upacara anak menuju masa kedewasaan)
  • Memitu/tingkeban (upacara untuk 7 bulan kehamilan)
  • Ngupati
  • Kala
  • Mbubur lolos
  • Puputan
  • Mermule
  • Meminang


Tari Topeng




Gerak tari yang khas, kostum yang berciri Topeng spesifik, membedakan tari Topeng Dermayon dibandingkan dengan daerah lain. Indramayu memiliki seorang maestro tari Topeng yaitu Ibu Rasinah, yang sudah banyak tampil di mancanegara.





Sintren
Sintren
Sintren atau Lais merupakan salah satu kesenian rakyat yang masih tetap hidup dan berkembang dimasyarakat pesisir, terutama Pantai Utara. Selain nuansa magis, kurungan ayam, menjadi daya tarik dari kesenian Sintren. Juga alat musik yang khas berupa buyung, kendi dan bumbung atau batang bambu.



Tarling
Tarling merupakan seni musik dan lagu yang pada awalnya ditampilkan dalam bentuk nyanyian (kiser) yang diiringi oleh gitar dan suling saja. Sejalan dengan perkembangan zaman, kesenian tarling mengalami perkembangan dan perubahan yang cepat. Saat ini tarling sudah dilengkapi dengan alat-alat musik yang modern. Kendatipun demikian Tarling klasik masih banyak diminati oleh wisatawan.





Genjring akrobat


Salah satu jenis kesenian tradisional masyarakat Indramayu adalah merupakan pertunjukan berupa akrobat/atraksi dengan media tangga, sepeda beroda satu dan sebagainya. Kesenian Genjring Akrobat dalam penyajiannya diiringi alat musik Genjring/Rebana dengan dilengkapi tari Rudat.

2 komentar:

  1. Infonya Bermanfaat Gan, Terimakasih banyak Lain Kali saya kunjungi ke sini.

    BalasHapus

Fish